Entri Populer

Selasa, 23 November 2010

Waterfall (Air Terjun), Lake (Danau), National Park Kersik Luway (Taman Nasional Kersik Luway)

1. Waterfall/Air Terjun/Jantur
Waterfall, alias air terjun, lebih dikenal dengan sebutan jantur (untuk daerah yang mayoritas didiami oleh suku Dayak Tunjung, Rentenukng, dan Benuaq). Jantur cukup banyak ditemui di kabupaten ini. Yang mudah untuk dikunjungi antara lain adalah Jantur Mapan, Jantur Menarung, Jantur Gemuruh, dan masih ada jantur-jantur lain (akan dipaparkan satu per satu dalam tulisan selanjutnya).
Jantur -jantur merupakan tempat wisata yang masih ramai dikunjungi oleh masyarakat di sekitar Melak - Barong Tongkok - Tering, karena beberapa jantur tersebut mudah dijangkau dikarenakan adanya akses jalan yang cukup baik, dan posisinya tidak terlalu jauh dari desa atau jalan raya.
Tetapi ada pula jantur-jantur (misalnya Jantur Atay, dan jantur-jantur yang terletak di ulu Mahakam--banyak loh jumlahnya :) yang memiliki pesona alam sangat indah, namun akses menuju kesana sangat sulit dan berbahaya...
Jantur Gemuruh

Jantur Menarung

Jantur Mapan


2. Lake (Danau)
Di Kubar juga terdapat danau-danau yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Danau Jempang di Tanjung Isuy, tapi mungkin saja, anda belum pernah mendengar keberadaan Danau Aco (terletak di atas Gunung Aco), Danau Beluk, Atau Danau Bahadaq..... Semuanya akan coba saya paparkan dalam tulisan selanjutnya.. (tolong dibantu ya rekan-rekan yang lebih mengetahui informasi mengenai danau-danau tersebut:)..
Danau Beluk, sayang kurang terawat baik... +_+..








3. National Park Kersik Luway (Taman Nasional Kersik Luway)
Last but not least, Taman Nasional Kersik Luway. Pasti anda semua sudah pernah mendengar tentang Kersik Luway, yang sangat terkenal dengan koleksi anggrek yang dimilikinya, terutama Anggrek Hitamnya. Dibalik semua aktivitas dan peristiwa yang bisa mengancam kelestariannya, potensi kekayaan jenis anggrek yang ditemui di taman nasional ini sangat berharga dan menjadi salah satu kebanggaan Kab. Kutai Barat..

Demikian beberapa review mengenai potensi wisata yang ada di Kubar. Tentu masih sangat minim informasi, namun diharapkan sedikitnya dapat memberi gambaran tentang tempat-tempat wisata di Kutai Barat.

Salam hangat dari Sendawar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar